BAGAIMANA MENJADI SEKRETARIS YANG KOMPETEN (MENGERTI TEKNOLOGI )
BAGAIMANA MENJADI SEKRETARIS YANG KOMPETEN (MENGERTI
TEKNOLOGI )
Tips menjadi sekretaris yang kompeten
1. Memiliki
kepribadian yang baik
2. Memiliki
etika yang baik
3. Membuat
citra baik untuk perusahaan
4. Pandai
menjaga rahasia
5. Pandai
berbicara didepan publik
6. Pandai
berbicara didepan publik
7. Mengerti
teknologi
8. Mengerti
acounting dan pembukuan
Disini saya akan menjelaskan mengenai mengerti teknologi
·
Sekretaris dan teknologi
Apakah ada yang tau pengertian sekretaris dan teknologi?
Baik saya akan menjelaskan pengertian apa itu sekretaris
dan apa itu teknologi
·
Sekretaris adalah seorang karyawan atau
pegawai yang diangkat oleh pimpinannya sebagai pembantu pribadinya tetapi tidak
hanya sekedar pembantu pimpinan saja ia juga dapat mengerjakan tugas-tugas,
pekerjaan kantor, memegang rahasia perusahaan dan tanggung jawab yang tinggi di
kantor atau perusahaan, karena dianggap dapat dipercaya dalam mengerjakan
tugas-tugas pimpinan, dimana pimpinan tersebut memiliki tugas dan
tanggung jawab yang besar dalam memimpin dan mengelola organisasi atau
perusahaan dari mengurus perjanjian , administrasi, mengatur rapat hingga
korespondensi
·
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan
barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Selanjutnya PENTINGNYA TEKNOLOGI BAGI SEKRETARIS
1. Mempermudah menyelesaikan pekerjaan sekretaris.
·
Sekretaris dan karyawan lainnya bisa
memanfaatkan waktu dan mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaannya. misalnya :
sekretaris yang menggunakan teknologi dalam mengerjakan penataan arsip, akan
lebih cepat selesai dibandingkan sekretaris yang mengerjakan penataan arsip
dengan cara manual karena, penggunaan teknologi dapat mempercepat waktu dan
lebih efektif dan efisien
2. Memperluas hubungan kerja sama.
·
Dengan penggunaan teknologi informasi,
sekretaris dapat menjalin hubungan kerja sama yang luas melalui internet karena
penggunaan internet yang tidak ada batasnya sehingga dapat membuka peluang
untuk perusahaan untuk dapat melakukan kerja sama dengan perusahaan yang ada di
dalam atau diluar negeri.
3. Memenangkan persaingan bisnis
·
Penggunaan teknologi informasi memudahkan
perusahaan berinteraksi dengan pelanggan dan relasi dan dengan menggunakan
informasi teknologi perusahaan lebih maju. Selain itu penggunaan teknologi
dapat membuka peluang perusahaan untuk mempromosikan produknya atau keunggulan
yang dimilikinya dengan menggunakan media sosial internet.
4. Unggul di dalam pekerjaan
·
Sekretaris dapat sukses dalam pekerjaannya,
cepat memperoleh informasi dengan mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan
teknologi yang terus berkembang sehingga dapat membuat sekretaris harus dapat
mengikuti perkembangan teknologi dan bisa membuat sekretaris lebih terpacu
untuk dapat bekerja dengan lebih giat lagi.
PERAN TEKNOLOGI DALAM PEKERJAAN SEKRETARIS
1. Arsip
elektronik
a.
Arsip elektronik akan mudah dikirim ke
bagian-bagian yang membutuhkan, melalui jalur Komunikasi seperti email, fax
atau media internet lainnya
b.
Pencarian dokumen mudah dilakukan karena tidak perlu
mencari satu persatu dokumen di dalam
ruang arsip dan cukup membuka aplikasi penyimpanan arsip saja
c.
Kegiatan manajemen, seperti pengaturan jadwal
kegiatan pimpinan mudah dibuat karena cukup diketik di koputer dan tidak perlu
mengahabiskan waktu untuk menulis di buku catatan karena tidak efektif
2.
Pengolahan
data
·
Pemanfaatan Komputer untuk pengetikan masalah
surat-surat, penjadwalan, pengarsipan dan pengolahan data lainnya dapat
diselesaikan dengan cepat karena lebih cepat dan efisien dalam pengerjaanya
3.
Surat
elektronik
·
Pengiriman surat atau pesan secara
elektronis,baik tulisan maupun gambar dengan beberapa cara penyampaian yaitu
dengan melalui jalur komunikasi umum yaitu berupa telepon atau komputer.
4.
Konferensi
Jarak Jauh
·
Konferensi melalui komunikasi jarak jauh untuk
menyalurkan data, suara dan gambar yang biasanya digunakan saat rapat dengan
klien yang berada di tempat yang berbeda.
5.
Penggunaan internet
·
Adanya Internet membuka peluang baru untuk
melakukan pekerjaan dari jarak jauh dan juga bisa untuk media promosi suatu
produk perusahaan tersebut. Penggunaan internet untuk mempromosikan produk
sangat memiliki efek yang besar bagi perusahaan karena pada era digital seperti
ini, semua orang menggunakan internet dan media sosial sebagai alat komunikasi.
DAMPAK YANG TIMBUL APABILA
SEKRETARIS TIDAK MENGETAHUI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
1.
Menghabiskan Waktu
·
Menghabiskan waktu karena apabila sekretaris
menggerkjakan pekerjaannya sebagai sekretaris tidak menggunakan teknologi dapat
memakan waktu yang banyak karena teknologi diciptakan untuk meringankan
pekerjaan manusia.
2.
Ketinggalan zaman
·
Apabila sekretaris tidak mengikuti perkembangan
teknologi maka dia bisa ketinggalan zaman karena di era digital seperti
sekarang semua pekerjaan dan informasi menggunakan teknologi dan media sosial
3.
Kalah Bersaing
·
Sekretaris yang tidak menggunakan teknologi maka
ia akan tertinggal dengan rekan sejawatnya yang mengikuti perkembangan
teknologi dan bisa kalah dalam persaingan kompetensi kerja karena perusahaan
menginginkan seorang pekerja yang bisa bekerja dengan cepat dan benar.
Comments
Post a Comment